Header Ads

Header ADS

LDII Bondowoso Memperkuat Empat Pilar Kebangsaan


Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Bondowoso terus ikut berperan dalam melakukan pencegahan radikalisme di Indonesia. Salah satunya membentengi anggota LDII dengan pemahaman 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sebagai salah satu benteng, para anggota LDII mendapatkan pencerahan dari Hardi Soesilo anggota DPR RI dari fraksi Partai Golkar di Gedung Serbaguna LDII Bondowoso pada tanggal 30 Maret 2018. Acara itu terselenggara atas kerjasama DPR RI dengan LDII Bondowoso. Ada sekitar 120 warga LDII yang turut hadir menjadi peserta. Dalam kesempatan tersebut, Hardi Soesilo menjadi pemateri utama dan Supriyadi ketua DPD Golkar Bondowoso ikut turut serta mendampingi.

Hardi Soesilo mengungkapkan empat pilar kebangsaan itu adalah hal yang urgensi. Empat pilar itu harus melekat dan mengkristal di sanubari setiap insan warga LDII. "Dengan demikian tidak mudah untuk diadu domba oleh kepentingan dan paham radikal tertentu yang bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa", tegasnya. Dijelaskannya, dalam agenda itu empat pilar kebangsaan di kupas tuntas secara mendalam. Misalnya tentang bagaimana proses kelahiran Pancasila dan tentang kemerdekaan. Selain itu juga dibahas UUD 1945 yang dahulunya dirubah tentang "Kedaulatan ditangan rakyat dilaksanakan oleh MPR" menjadi "Kedaulatan ditangan rakyat dilaksanakan menurut UUD 1945".  "Yang artinya dengan adanya perubahan ini ada cek dan balancing antara lembaga negara", tuturnya.

Begitu juga UUD 1945 mencantumkan hal baru yaitu tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Namun diakhir UUD 1945 dijelaskan, HAM itu harus menghormati hak asasi manusia lainnya. Dengan adanya aturan HAM ini, maka Indonesia sejajar dengan negara negara lain di dunia. Ketua LDII Hendri Widotono mengungkapkan pemahaman empat pilar kebangsaan adalah hal yang sangat urgensi dan harus disosialisasikan. Harapannya dengan adanya pencerahan pemahaman dari DPR RI, ke depannya anggota LDII bisa menjadi agen perubahan kepada keluarga, kerabat, dan masyarakat luas. "Kami sangat berterima kasih karena pemateri telah meluangkan waktu dan kami akan menjunjung tinggi empat pilar kebangsaan serta terus ikut serta menjadi benteng NKRI", tegasnya.

Sumber : Koran Radar Ijen Jawa Pos

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.