Header Ads

Header ADS

LDII Bondowoso Menyembelih 32 Hewan Qurban


Momen Idul Adha, 22 Agustus 2018 dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat muslim Indonesia untuk melaksanakan ibadah kurban, turut andil pula warga ormas LDII dari berbagai kota di Indonesia, salah satunya yaitu dari DPD LDII Kabupaten Bondowoso. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Bondowoso pada tahun ini melaksanakan penyembelihan hewan kurban di PC LDII Kecamatan Kota dan PC LDII Cermee Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Ketua DPD LDII Bondowoso, Hendri Widotono mengungkapkan hewan kurban yang disembelih total sebanyak 32 ekor dengan rincian 15 ekor sapi dan 17 ekor domba. ”Seluruh hewan kurban itu sudah disembelih dan dibagikan kepada mereka yang berhak menerima, tentunya yang menerima adalah kepada warga terdekat dari pimpinan cabang tersebut", jelasnya

Hendri menambahkan, "Tujuan ibadah kurban ialah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena itu, setiap tahun pengurus DPD LDII Bondowoso selalu menekankan kepada jamaah untuk melaksanakan ibadah kurban sebagai wujud usaha meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Ketika berkurban, bukan daging atau darah yang mengalir yang sampai kepada Allah SWT, melainkan nilai amal ibadah dan ketakwaan hamba-Nya. Sehingga tujuan kurban adalah meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dan tentunya selain ibadah, juga dalam rangka berbagi, berbagi antar sesama dalam bingkai Idul Adha, semoga bisa bermanfaat dan kita dapat mengambil hikmahnya." ujarnya.

Dijelaskan juga penyembelihan hewan kurban ini merupakan salah satu ibadah sesuai yang dilaksanakan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Sehingga umat Islam diharapkan mengikuti jejak Nabi yang menjadi tauladan umat muslim seluruh dunia, serta menciptakan kepekaan dan kepedulian sosial kepada sesama umat manusia. Dalam Alquran diceritakan mengenai kisah Nabi Ibrahim yang diperintah Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail. Namun karena iman yang kuat, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail hendak melaksanakan perintah tersebut dan akhirnya Allah SWT menggantinya dengan seekor domba.

Lebih lanjut dijelaskan, pemahaman yang ditekankan kepada warganya adalah berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, "Tidak ada suatu amalan yang bisa membandingi pahala menyembelih hewan kurban, dibanding seseorang pergi jihad dengan seluruh harta kemudian pulang hanya tinggal nama" HR Bukhari . Hendri menambahkan, kesadaran warga dan pengurus DPD LDII Bondowoso untuk berkurban cukup besar, sehingga setiap tahun jumlah hewan kurban yang disembelih selalu meningkat. Diharapkan organisasi ini mampu berbuat baik kepada masyarakat, berperan aktif dalam menyebarluaskan dakwah tentang ibadah kurban dan kepedulian sosial terhadap sesama dengan berbagi daging kurban.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.